Dimulai dari definisinya, Sakit Gigi sendiri adalah gejolak atau kondisi dimana rasa nyeri yang mendadak muncul di area sekitar gigi dan rahang. Menurut pakar dokter, sakit gigi bisa menimbulkan gejala ringan yang menyebabkan penyakit serangan jantung, bahkan stroke lho! Jadi jika anda mengalami sakit gigi jangan dianggap hal kecil saja karena rawan bisa menjadi penyakit yang besar.

Sakit Gigi atau nyeri di gigi bisa memburuk jika yang mengalami makan atau minum. Nyeri gigi terus berdenyut tajam dan terus menurut. Yang anda pikirkan saat sedang sakit gigi adalah obat penanganannya. Apa saja obat yang paling jitu dan efektif untuk menghilangkan sakit gigi?

Pertama, mari kita simpulkan dulu tanda-tanda dan penyebab orang terjaring sakit gigi.

Yang pertama dirasakan adalah;

  1. Demam atau sakit kepala, badan mulai terasa tidak enak, meriang, panas dan kepala pusing yang berkelanjutan.
  2. Bengkak di sekitar gigi, benjolan sangat terasa di area sekitar gigi.
  3. Saat anda menguyah tau menekan gigi, akan terasa denyut, nyeri yang tajam secara konstan (terus menerus)
  4. Timbulnya Cairan yang busuk dari gigi, akan mengeluarkan cairan yang bau dan busuk dari gigi.
  5. Setelah menyimpulkan mari kita bahas lebih lagi tentang penyebab terjadinya sakit gigi.

Kedua, Penyebabnya adalah ada kerusakan yang terjadi pada gigi, atau bisa dikatakan peradangan pada gigi. Dalam Bahasa sains di dalam gigi ada yang disebut Pulpa, apa itu pulpa? Bagian gigi yang tersusun yang terkandung saraf yang sensitif, peka dan ada pembuluh darah. Jika pulpa mengalami gangguan atau kerusakan (peradangan) makan akan menimbulkan sakit gigi, rasa sakit yang ditimbulkan tergantung seberapa parah pulpa yang rusak.

Bagaimana pulpa rusak? Dari Pati makanan yang anda konsumsi dan bersarang di gigi adalah tempat bakteri untuk berkembang biak dan membentuk ‘plak’ yang menempel dan menjamur di gigi. Anda akan merasakan sakit gigi ketika anda sedang menguyah makanan yang manis, sangat panas dan sangat dingin. Jika anda sudah merasakan maka anda dapat menyimpulkan bahwa ada nya pulpa yang rusak.

Kita dapat menyimpulkan Penyebab sakit gigi sebagai berikut;

  1. Adanya ‘plak’ atau bekas dari sisa makanan yang anda konsumsi, jarang nya menggosok gigi setelah makan dan lanjut tidur adalah hal yang mengundang ‘plak’ yang akan bersarang digigi.
  2. Gigi yang beretak dan akar gigi, jika anda melihat cermin dan menyadari ada nya gigi yang retak maka anda bisa menanggulanginya sebelum bertambah parah. Jika dibiarkan maka gigi akan pecah seiring berjalannya waktu.
  3. Pada bagian gusi dan akar gigi terdapat infeksi, luka pada bagian tersebut disebabkan bakteri yang masuk ke mulut anda.
  4. Tambalah gigi yang buruk, Jika anda sudah menambal gigi anda secara kurang bagus, maka akan memperburuk kondisi gigi anda
  5. Pengecilan gusi,abses pada gigi, tumbuh gigi baru, tukak dan sinusitis yang dialami bisa menimbulkan sakit gigi yang luar biasa dan bisa mengalami infeksi pada gigi anda.
  6. Permen karet, jika anda biasa memakan permen karet untuk menguruskan pipi maka ketauilah bawah menguyah permen karet bisa mengretakan gigi dan menimbulkan trauma dan cedera pada gigi.

 

Baiklah, kita sudah mengetahui penyebab-penyebab sakit gigi, disini saya akan menjabarkan beberapa cara dan obat alami serta obat dokter untuk menghilangkan rasa sakit gigi yang paling jitu dan efektif;

Sebagian berikut adalah cara menghilangkan rasa sakit gigi secara alami dan menurut obat apotek;

Cara pertama, anda bisa menghilangkan sakit gigi dengan cara alami;

Obat sakit gigi alami yang cepat dan ampuh!

  1. Kompres dengan Es Batu

Untuk metode ini disarankan untuk yang sakit giginya disebabkan oleh tumbuhnya gigi baru, Kompres dengan Es Batu ini bisa dibilang cukup jitu dan efektif karena bisa membuat rasa nyeri pada pembuluh darah dan saraf gigi yang terus bergerak tiap detiknya berhenti. Obat alami ini bagus untuk kalangan dewasan maupun anak-anak.

Caranya; Siapkan air es pada plastik atau icebag lalu dekatkan dan tempelkan pada area sekitar gigi yang mengalami sakit (luar ataupun dalam).

 

  1. Kumur dengan Air Garam

Kandungan yang terdapat pada larutan garam terbukti dan ampuh dalam mengurangi rasa nyeri pada gigi.

Caranya; Tuangkan 1 sendok garam ke dalam gelas, aduk merata lalu kumur 2-3 kali.

 

  1. Daun Inggu Kering

Obat tradisional ini dikenal lumayan jitu untuk menghilangkan nyeri yang dirasakan sakit gigi tanpa menimbulkan gejala efek samping.

Caranya; Rebus daun hingga mendidih dan tuang airnya dan kumur selama beberapakali.

 

  1. Daun Peppermint

Daun ini lumayan ampun untuk menghilangkan rasa nyeri dan menghilangkan kuman pada gigi anda.

Caranya; dengan menggosokan ke daerah rawan gigi yang radang.

 

  1. Daun Sirih

Selain yang diatas, daun sirih sudah cukup lama diketahui oleh masyarakat untuk menghilangkan bakteri pada gigi.

Caranya; Sama seperti sebelumnya, dengan merebus daun hingga larut dan mengkumur-kumurnya selang beberapa menit. Oiya anda juga bisa menambahkan cengkeh dalam rebusan, supaya makin ampuh untuk menyebuhkan sakit gigi.

 

  1. Daun Cengkeh

Jika anda tidak memiliki daun sirih dirumah dan anda malas keluar untuk membeli Daun Sirih, anda dapat menggunakan Daun Cengkeh yang terdapat di lemari es anda! Kandungan di Cengkeh memungkinkan untuk mengurangi rasa sakit dan menghambat rasa sakit pada gigi anda.

Caranya; Bersihkan Daun Cengkeh dan rebus hingga matang, lalu air dibuat kumur-kumur untuk mencegahnya terjadinya infeksi baru.

 

  1. Daun Serai

Selain digunakan sebagai pelengkap masakan di dapur, Daun Serai juga dikenal sebagai obat sakit gigi yang alami juga lho! Kandungan pada daun serai memungkinkan anda untuk mengatasai masalah sakit gigi dengan meringkan rasa nyeri pada gigi.

Caranya; Rebus 2 batang serai lalu saring air dan kumur air 2-3 kali dalam sehari.

 

  1. Daun Jambu Biji

Mungkin terdengar sedikit asing di kuping anda, namun khasiat dari jambu biji ini luar biasa, kandungan dalam jambu biji dapat menghilangkan rasa nyeri, meredakan peradangan dan menghilangkan bakteri yang bersarang pada gigi anda.

Caranya; Cukup simple, bersihkan daun dan kunyah langsung daun atau anda bisa merebusnya lalu gabungkan dengan garam dan minum air rebusan nya.

 

  1. Rumput Gandum

Rumput yang jarang (Rare) ditemukan di Indonesia ini merupakan salah satu obat alami yang mampu meredakan gejala sakit gigi. Rumput ini diyakini bisa membuang semua bakteri yang menyangkut dan berasarang di gigi sehingga, infeksi pada gigi bisa tertutup.

Caranya; Dengan hanya mengunyah Rumput dan mengeluarkannya lagi (meludah).

 

  1. Bawang Putih

Bawang putih merupakan obat sakit gigi yang tergolong tradisional, kandungan dalam bawang putih terbukti dapat mengangkat keluar bakteri dan mengurangi rasa nyeri di peradangan gigi.

Caranya; Menghaluskan bawang putih dan mengoleskannya kedaerah area sensitif gigi. Anda juga bisa menambahkanya dengan garam agar makin jitu dan cara kedua dengan menguyah langsung Bawang Putih yang mentah.

 

  1. Bawang Merah

Sama seperti sebelumnya, teman nya bawang putih, bawang merah cukup dikenal sebagai obat tradisional untuk menghilangkan rasa nyeri digigi. Selain dikenal sebagai tumisan untuk makanan, bawang merah juga memiliki kandungan yang merupakan anti septik dan mengurangi infeksi yang membuat nyeri pada gigi berkurang

Caranya; Dengan mengunyah langsung bawang merah secara bertahap. Jika, sakit menguyah, anda bisa menempelkannya saja ke gigi anda. Tapi ingat, harus mentah lho ya!

 

  1. Minyak Batak Kelapa

Salah satu obat tradisional yang paling cepat reaksinya dalam menyembuhkan sakit gigi anda. Salah satu option obat alami lain yang bagus menetralizer bakteri yang berasarang dimulut.

Caranya; Membagi 2 bagian kelapa, lalu membakar kapas seratnya sehingga mengeluarkan minyak. Jika minyak sudah terkumpul lalu tempelkan kapas dan oleskan ke area gigi yang sakit.

 

  1. Minyak Cengkeh

Selain cengkehnya saja, minyak nya juga dapat membantu menghilangkan rasa nyeri di gigi, selain membunuh kuman minyak cengkeh juga dapat meredekan rasa nyeri yang dialami anda.

Caranya; Oleskan dengan cotton bud ke daerah gigi yang sakit.

 

  1. Bunga Matahari

Kandungan dalam bunga matahari cukup mampu untuk meredekan rasa nyeri di gigi dan mengurangi infeksi peradangan.

Caranya; Rebus bunga matahari lalu saring airnya dan kumur-kumur. Bisa di fushion dengan jahe agar lebih jitu.

 

  1. Biji Jarak Cina

Salah satu dari banyak biji yang dapat menghilangkan rasa sakit gigi yang membengkak dan kuman yang bersarang pada gigi anda.

Caranya; tumbuk halus biji lalu seduh dalam air panas dan kumur-kumur secara merata.

 

  1. Cabai Rawit

Bagi kalian yang sangat suka dengan pedas, maka cabai rawit atau merah ini sangat disarankan, karena selain suka kepedasan anda juga dapat menghilangkan rasa nyeri yang anda alami.

Caranya; haluskan cabai dengan merata lalu rebus hingga mendidih dan kumur- kumur.

 

  1. Asam Jawa

Selain dikenal untuk menyembuhkan karang di gigi, ternyata asam jawa juga bisa meredakan sakit gigi.

Caranya; dengan menggoreng biji asam jawa, lalu di tumbuk halus dan masukan ke dalam kain lalu gosokan kedalam gigi yang memiliki peradangan.

 

  1. Getah Jarak

Salah satu tanaman tradional yang mampu berkhasiat untuk menghilangkan reda pada gigi yang berlubang lho.

Caranya; Ambil 1 kapas dan oleskan ke dalam gigi berlubang atau bisa langsung dengan meneteskan getah kedalam gigi yang rusak.

 

  1. Akar Kangkung

Akar yang mampu menghilangkan rasa sakit nyeri pada gigi, sebenarnya cukup jarang yang menggunakan akar untuk menghilangkan sakit gigi, tetapi jika anda hidup dilingkungan yang tidak asing dengan tumbuhan, anda bisa menggunakan akar ini.

Caranya; dengan menggunyah akar lalu bersihkan mulut dengan mengkumur dengan air.

Jika anda sedang memasakan kangkung, janganlah dibuang akarnya, karena jika ada saudara anda yang sedang sakit gigi, anda bisa memberikan akarnya untuk meredakan rasa nyari yang dialaminya.

Caranya; Dengan membersihkan akar lalu rebus dan tambahkan cukai sedikit dan lalu dikumur-kumur.

  1. Minyak Kutus Kutus (Cara paling Cepat!)

Selain ampuh, minyak kutus kutus asli bali juga terbukti cepat mengatasi sakit gigi karena berlobang dan sebagainya, minyak ini membantu menghilangkan rasa nyeri di gigi, selain membunuh kuman minyak cengkeh juga dapat meredekan rasa nyeri yang dialami anda.

Caranya; Oleskan Minyak kutus kutus dengan cotton bud ke daerah gigi/gusi yang sakit. Jika sakit masih berlanjut, semprotkan minyak kutus kutus ke bagian lobang telinga selama 1x. Dijamin Tokcer!

 

Begitulah obat alami yang saya bisa rangkum dan jabarkan untuk anda, jika anda teralu malas untuk menggunakan obat alami dan mempunyai duit yang berlebih anda bisa menggunakan obat-obatan di apotek. Jika ingin meminum obat-obatan dianjurkan sesuai takaran dan dosis dari dokter. Obat yang biasa dikenal untuk menghilangkan rasa nyeri  untuk anak-anak adalah acetaminophen atau ibuprofen untuk orang dewasa.

 

Obat Sakit Gigi Apotek Kimiawi

Obat Apotek untuk menyembuhkan yang cukup terkenal adalah Super Green plus SG, Cataflam 50mg, Antalgin, Ponstan, dan Clindamycin.

 

Tips yang mudah jika melakukan penyembuhan di rumah

  1. Rajinlah sikat gigi
  2. Bersihkan sela-sela gigi dengan tusuk gigi atau benang.
  3. Kumur-kumur dengan antiseptic (contoh; Albothyl)
  4. Jika gigi nyeri, bisa mengkompres dengan air hangat.
  5. Minum obat-obat oles maupun apotek.
  6. Jika gigi sudah parah dan berlubang segeralah berobat ke dokter gigi.

 

Kesimpulan, jika anda memilih untuk menggunakan obat praktis dari apotek anda mengeluarkan uang yang lebih dan benar lebih cepat penyembuhannya. Tetapi, jika anda memilih untuk menggunakan obat alami, maka anda dapat menghemat beberapa uang dan tanpa menimbulkan efek samping yang berbahaya. Semuanya tergantung pilihan anda bagaimana cara anda ingin menyembuhkan sakit gigi yang anda alami. Intinya, jika memilih obat alami, harus lebih sabar akan khasiatnya dan memiliki efek samping yang sangat kecil kemungkinannya. Tetapi jika menggunakan obat medis, alangkah baiknya jika menggunakan resep dokter terlebih dahulu, bukan hanya dalam menangani sakit gigi juga, tetapi dalam menangani segala jenis penyakit.