Di Indonesia sendiri termasuk dalam 10 negara terbesar penderita diabetes. Pada tahun 2013, penderita diabetes di Indonesia diperkirkan mencapai sekitar 8,5 juta orang dengan rentan usia 20 – 79 tahun (dikutip dari federasi diabetes internasional). Tetapi kurang dari 50% dari mereka yang menyadarinya.

Penyakit diabetes ini sangat berbahaya apabila tidak di konsultasikan atau diobati secara cepat dan tepat. Berikut beberapa pembahasan mengenai penyakit diabetes.

Pengertian Diabetes

Diabetes mellitus DM, dalam (bahasa Yunani διαβαίνειν, diabaínein, tembus atau pancuran air). Namun dalam (bahasa latinnya yaitu, mellitus, rasa manis) yang juga dikenal di dalam Indonesia dengan istilah penyakit kencing manis adalah kelainan metabolik yang disebabkan oleh banyak faktor seperti kurangnya insulin atau ketidak mampuan tubuh untuk memanfatkn insulin (insulin resistance) dengan simtoma berupa hiperglikemia kronis dan gangguan metabolism karbohidrat, lemak dan protein.

Diabetes (diabetes mellitus) adalah penyakit jangka panjang atau kronis yang ditandai dengan kadar gula darah (glukosa) yang jauh diatas normal. Glukosa itu bukan gula biasa yang umum tersedia di toko maupun pasar.  Glukosa itu karbohidrat alamiah yang sangat penting bagi kesehatan tubuh karena merupakan sumber energy utama bagi otak maupun sel – sel yang membentuk otot serta jaringan pada tubuh kita. Namun glukosa yang berlebihan disimpan di dalam sel – sel sebagai glikogen. Kadar glukosa pada darah dikendalikan oleh beberapa hormon. Hormone adalah zat kimia badan yang mengirimkan tanda pada sel – sel lainnya. Insulin adalah hormone yang dibuat oleh pankreas.

Dalam penyakit diabetes itu terdiri dari 2 tipe, yaitu :

  1. Tipe I atau insulin dependent diabetes

Sekitar 10 % orang yang mengalami diabetes dalam Tipe I itu adalah orang atau si penderita yng bergantung pada insulin. Tubuh mereka tidak memproduksi insulin dan karenanya suntikan insulin secara teratur dibutuhkan untuk memelihara kadar gula darah yang normal.

  1. Tipe II atau non – insulin dependent diabetes

Sekitar 85% orang yang mengidap diabetes pada Tipe II itudalah orang atau si penderita diabetes tidak bergantung pada insulin. Tubuh mereka memproduksi sejumlah insulin, tetapi tidak mencukupi atau cacat

Penyebab Diabetes

Penyebab utama dari penyakit diabetes adalah masalah pada pancreas. Sebuah kelenjar kecil yang terletak di belakang lambung dan bertanggung jawab untuk memproduksi hormone insulin. Hormone ini membantu tubuh untuk mengubah glukosa dari makanan menjadi sumber energi tubuh. Insulin menyaring glukosa dalam darah dan memindahkan ke sel.

Jika pancreas tidak menghasilkan insulin yang cukup atau insulin yang dihasilkan tidak berfungsi dengan baik, maka tubuh kita tidak dapat merubah glukosa menjadi sumber energi. Sehingga glukosa tetap dalam darah dan meningkatkan kadar gula darah secara signifikan.

Naik nya kadar gula darah bisa terjadi karena penyebab diabetes dilakukan dan juga ada beberapa hal yang bisa menyebabkan gejala diabetes itu terjadi. Berikut ini beberapa hal yang bisa jadi penyebab penyakit diabetes itu muncul, yaitu :

  • Genetik

Penyebab diabetes bisa terjadi salah satunya dikarenakan oleh adanya faktor dari genetik atau keturunan. Karena memiliki keluarga yang salah satunya juga menderita penyakit diabetes maka dari itu kemungkinan besar untuk mengidap penyakit diabetes juga.

 

  • Berat badan

Berat badan memang mempengaruhi kesehatan. Karena berat badan bisa menjadi suatu penyakit. Memiliki berat badan yang besar dan berlebihan itu sangan memungkinkan untuk menderita penyakit diabetes.

 

  • Makanan

Penyebab diabetes bisa terjadi dari pola makanan yang kita makan dalam sehari – hari. Jika kita sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat, seperti halnya makanan yang mengandung lemak tinggi atau memiliki kdar gula yang berlebihan itu bisa mengakibatkan penyakit diabetes akan muncul di tubuh kita.

 

  • Rokok

Rokok merupakan sumber penyakit bagi tubuh. Rokok pun bisa menjadi penyebab dari penyakit diabetes.

 

Gejala Diabetes

Sangatlah penting bagi kita untuk mengetahui gejala awal dari penyakit diabetes. Baik bagi resiko yang tinggi maupun bagi yang merasa sehat dan tidak memiliki riwayat atau potensi untuk mengidap penyakit diabetes. Gejala – gejala umum yang diperlihatkan oleh si penderita penyakit diabetes yang disebabkan oleh kadar gula darah yang melebuhi diatas normal itu seperti :

  • Merasakan haus yang berlebihan (polydipsia)
  • Sering buang air kecil dengan volume banyak dari biasanya
  • Merasakan lapar yang sngat amat luar biasa (polifagi)
  • Sering merasa lelah yang luar biasa seperti kehabisan energi
  • Beberapa dari gejala diabetes menunjukan infeksi pada kulit, gusi maupun vagina
  • Terganggunya indra penglihatan atau penglihatan yang menjadi burem tidak seperti biasanya
  • Berat badan yang semakin menurun
  • Hyperglaisimia yakni peningkatan abnormal dari kadar gula dalam darah
  • Glikosuria yakni urine atau air kencing yang mengandung gula atau glukosa
  • Sering mengalami pusing serta mual
  • Ketahanan tubuh atau daya tahan tubuh yang tiba – tiba melemah saat ber aktivitas
  • Jika kulit terluka, maka proses penyembuhan yang cukup lama

Gejala – gejala diatas itu dapat berkembang sangat cepat dalam beberapa minggu atau bulan saja (diabetes type 1). Dan biasanya berkembang jauh lebih lambat dan mungkin tanpa gejala sama sekali atau tidak jelas terlihat(diabetes type 2).

Bahaya utamanya penyakit diabetes untuk tubuh untuk tahap seriusnya adalah komplikasi dan kerusakan yang permanen karena meningkatnya secara terus – menerus kadar gula darah dalam tubuh. Komplikasi atau kerusakan itu sendiri antara lain :

  • Kerusakan mata
  • Kerusakan ginjal
  • Masalah yang terjadi pada saraf
  • Penyakit jantung
  • Stroke
  • Amputasi anggota tubuh yang sudah terkena
  • Hipertensi

Apabila anda mengalami gejala – gejala seperti ini, maka segeralah periksakan diri nda ke dokter. Pendeteksian sedini memungkinkan kita untuk mencegah bertambahnya parah kondisi diabetes dalam diri kita. Karena : “ mencegah itu lebih baik di bandingkan mengobati “

Pengobatan Diabetes Secara Alami

berikut ini adalah beberapa cara pengobatan berdasarkan cara perawatannya

Pengobatan Alternatif Diabetes

pengobatan alternative bisa dilakukan dengan gaya hidup sehat dan kondisi tubuh yang banyak mengalami perubahan. Ini beberapa cara pengobatan penyakit diabetes melalui pengobatan alternatif :

  • Akupuntur

Akupuntur adalah pengobatan yang banyak dilakukan di China. Perawatan ini dilakukan dengan menusukan jarum kecil kebagian titik tertentu untuk mengurangi rasa sakit pada penderita diabetes. Efek dari akupuntur adalah untuk mengatasi kadar gula darah yang terlalu tinggi.

Pengobatan Herbal Diabetes

  • Jus jeli lidah buaya

Jus ini dimanfaatkan untuk diambil bagian tengahnya saja atau daging lidah buaya yang berbentuk seperti jeli.

 

  • Ramuan jahe

Caranya dengan mengambil rimpang jahe segar, kemudian hancurkan kasar sehingga akan mengeluarkan zat khusus ketika direbus.

 

  • Ramuan gingseng

Ramuan gingseng ini dipercaya bisa menyembuhkan penyakit diabetes di China.

 

  • Brokoli, kembang kol, dan kale

Konsumsilah saruyan hijau untuk menyembuhkan penyakit diabetes. Seperti kembang kol, kale, dan brokoli. Bisa dengan direbus contohnya.

 

  • Kunyit

Kunyit mengandung Curumin yang merupakan zat pearna alami dari Kunyit yang berguna untuk mengatasi masalah khususnya di dalam darah yang bekerja untuk mengurangi kadar gula dalam darah.

 

  • Mengkudu

Buah salah satu ini memang dikenal lantaran sangat tidak enak rasanya, namun memiliki sejuta khasiat. Buah ini ternyata memiliki kandungan proxeroni yang berfungsi untuk mengurangi kadar gula dalam darah, dan selain itu juga berfungsi untuk membuka lebih lebar pori-pori kulit yang berguna untuk lebih banyak menyerap nutrisi.

 

  • Pare

Buah ini juga tida jauh berbeda dengan buah Mengkudu, namun meskipun buah ini masih memiliki rasa pahit, namun masi bisa dikonsumsi dan sangat mudah dikonsumsi lantaran sangat banyak di jual oleh pedagang makanan berupa Siomay ataupun dirumah makan.

Buah ini cukup bisa menjadi alternatif alami untuk bisa mengurangi diabetes lantaran memiliki khasiat untuk meningkatkan kinerja pangkreas yang dapat memberikan insulin yang lebih.

Insulin sendiri menjadi salah satu zat yang sangat diperlukan bagi si penderita diabetes

Selain itu penyakit diabetes dapat ditanggulangi dengan menggunakan jamu herbal, diantaranya seperti membalurkan Minyak Kutus Kutus, minyak ini bisa digunakan untuk mengobati Diabetes Melitus.

Minyak Kutus Kutus sebagai obat diabetes ini cukup aman digunakan dalam jangka panjang karena dipercaya tidak memiliki efek samping apapun, Minyak herbal ini juga sudah diakui kualitasnya oleh Internasional dan sudah dinyatakan Halal.

Minyak ini berisi 100ml dalam 1 botol, dan dapat digunakan tiga kali sehari, dan harga dari Minyak obat ini berkisar Rp. 230.000,-