Cara Menghilangkan Jerawat Tanpa Bekas Secara Alami!

 

Jika wajah anda berjerawat, dan merasa terganggu akan masalah kulit ini, kami mempunyai solusi yang cepat dan jitu serta cara menghilangkan bekas Jerawat di kulit. Jerawat begitu mejengkelkan dan menggangu kepercayaan diri untuk kaum wanita maupun pria. Siapa yang tidak kesal setengah mati saat jerawat timbul pada muka kita?

obat jerawat alami di muka

Pada umumnya Jerawat atau dalam Bahasa medisnya adalah Acne Vulgaris merupakan suatu kondisi gangguan pada kulit yang terjadi saat minyak dan sel kulit mati menghadang pori-pori. Jerawat merupakan permasalahan yang sangat rutin terjadi pada umumnya  pada kulit, yang dicirikan dengan hadirnya komedo, kulit kemerahan karena iritasi, noda hitam, atau bintik merah membengkak hingga bernanah. Jerawat umumnya terjadi pada remaja atau saat masa pubertas. Jerawat yang terjadi pada laki-laki biasanya lebih parah dan berjangka lebih lama. Akan tetapi jerawat tidak hanya timbul untuk remaja, melainkan pada kalangan dewasa, anak kecil hingga balita. Hii, ngeri kan guys?

Dilihat dari penyebabnya, jerawat bisa muncul karena alesan beberapa faktor, diantaranya;

Penyebab Jerawat

  1. Faktor Genetik

  2. Masa Pubertas pada remaja

  3. Adanya Sel kulit mati yang menghambat pori-pori di kulit.

  4. Jenis makanan, alergi dan aktivitas.

  5. Gaya hidup yang tidak baik,

    Contoh: Jarang mencuci tangan

  6. Adanya iritasi dikulit.

  7. Keringat yang diproduksi berlebihan.

Setelah mengetahui penyebab timbulnya jerawat, Mari kita rangkum beberapa jenis-jenis jerawat yang sering terjadi.

Jenis Jerawat

  1. Komedo

Jenis jerawat ini adalah jenis yang paling dasar. Saat sel kulit mati dan penghambatan pori-pori tercampur. Komedo ini terbagi menjadi dua;

Jika komedo masih didalam kulit dan hanya kelihatan kepalanya (kemungkinan bewarna putih) disebut Whitehead.

Sedangkan yang sudah keluar dan tercampur sel-sel minyak yang banyak (bewarna hitam) disebut Blackhead.

 

  1. Jerawat Batu

Jerawat ini sangat menganggu dilihat oleh diri sendiri dan orang lain, jerawat ini pada umumnya lebih besar dan mirip kerikil batu. Jika jerawat ini dibiarkan akan membuat peradangan yang cukup serius pada kulit yang bisa menimbulkan bekas jerawat yang mendalam (cekung) pada kulit muka. Jerawat ini dipenuhi oleh nanah atau cairan jernih. Terbentuk didalam sel kulit yang jauh sehingga membentuk jerawat besar dan sangat menggangu kepercayaan diri.

 

  1. Pustula

Jerawat ini mirip seperti Komedo akan tetapi jerawat ini lebih dianggap serius karena menimbulkan keradangan dan menampilkan kulit muka yang tidak mulus sehingga tidak cocok untuk dilihat terlebih untuk kaum wanita.

 

  1. Papula

Jerawat ini terjadi setelah proses Komedo muncul dan teriritasi. Umumnya Papula berbentuk kecil dan bewarna merah. Jika disentuh makan jerawat akan membekas dikulit.

 

  1. Nodul

Jerawat yang paling mengerikan bisa dikatakan karena jerawat ini terbentuk dibawah kulit yang akan menghasilkan benih komedo yang teriritasi dan meradang. Biasanya jerawat ini menimbulkan rasa sakit yang lumayan perih terhadap kulit. Jerawat ini juga menimbulkan bekas yang cukup gelap.

 

Setelah mengetahui faktor penyebab dan jenis-jenis jerawat, maka dari sini kita bisa menyimpulkan beberapa saran dan cara untuk menghilangkan jerawat. Simak pernyataan berikut!

Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat yang Alami dan Sehat?

Obat Jerawat Alami

  1. Minyak Zaitun

Minyak ini cukup dikenal dibeberapa daerah untuk menghilangkan jerawat, karena memiliki khasiat yang tinggi. Cara menggunakannya juga lumayan simple dan tidak rumit. Hanya dengan mengoleskan minyak didaerah area jerawat dan diamkan selama beberapa menit, jika sudah anda diperbolehkan untuk mencuci muka.

  1. Madu

Selain digunakan untuk menyembuhkan penyakit lain, madu juga cukup ampuh untuk menghilangkan jerawat. Madu mengandung banyak hal, seperti antibiotik, vitamin, gizi, anti bakteri dan mineral. Sejarahnya, dulu madu bisa digunakan untuk alat kosmetik juga yang baik untuk kesehatan. Jika digunakan untuk kulit muka, madu dapat mencegah peradangan dan sel-sel kulit mati yang mana baik untuk kulit muka. Cara pemakaiannya juga cukup sederhana, hanya tinggal mengoleskan madu didaerah area yang terdapat jerawat. Pemakaian madu ini juga cukup bervariasi, anda bisa mencampurkan dengan susu, kayu manis, serta bisa dijadikan masker menggunakan putih telur yang dicampur aduk menjadi satu lalu dioleskan.

  1. Bawang Putih

Ya, bawang putih ini memiliki banyak senyawa, contohnya kalsium, saltivine, diallysulfide, belerang, protein, fosfor maupun vitamin. Bawang putih juga mengandung anti bakteri dan anti septik. Jika kamu alergi terhadap obat kimia, bawang putih ini merupakan cara alami yang cukup jitu untuk menghilangkan jerawat dengan mudah. Caranya adalah memotong bagian bawang dan gosokan ke daerah yang berjerawat, Oh ya, gosokanya dilakukan secara teratur dan pelan ya.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung antibakteri dan beberapa vitamin yang sangat bagus untuk pori-pori, Cara penggunaanya kupas lidah buaya untuk mengambil gel, jika sudah menemukan gel lidah buaya, oleskanlah ke daerah rawan jerawat. selain untuk mengobati jerawat, lidah buaya juga mempunyai banyak khasiat. Seperti rambut rontok, lho!

  1. Pasta Gigi

Tidak mengirakan bahwa pasta gigi bisa menyembuhkan jerawat secara alami? Ya!, pasta gigi mengandung banyak zat, terutamanya minyak esensial yang dibutuhkan untuk kulit. Pasta gigi juga mendangung baking soda yang dapat menyembuhkan luka bekas jerawat, jika anda orangnya adalah iseng yang selalu menggaruk jerawat, jerawat akan menimbulkan bekas noda hitam yang menggangu kepercayaan diri anda. Cara penggunaanya cukup oleskan ke daerah jerawat dan pemakaian hanya 1 kali sehari.

  1. Lemon

Salah satu cara menghilangkan jerawat alami adalah menggunakan lemon. Mengapa lemon? Karena lemon mengandung asam askorbat dan alpha yang berfungsi mengurangi iritasi dan peradangan pada kulit muka. Lemon juga popular untuk mencerahkan kulit bekas noda jerawat hingga membersihkan pori-pori kotor. Cara penggunaanya cukup ribet lho teman-teman, pertama-tama harus membelah lemon menjadi dua bagian, lalu oleskan dan gosok kedaerah kulit yang berjerawat, lalu diamkan selama beberapa menit dan bilas. Jika melakukan ini secara rutin dan teratur makan jerawat akan menghilang dalam beberapa hari.

  1. Putih Telur

Selain digunakan untuk keperluan memasak-masak. Putih telur juga mengandung beberapa khasia untuk menghilangkan jerawat, salah satunya adalah mengecilkan pori-pori dikulit serta mengurangi produksi minyak pada kulit muka. Enzim yang terdapat di putih telur dapat membuat sel bakteri pergi dari kulit lho! Biasanya putih telur paling berguna saat menghilangkan komedo yang membandel di area dekat hidung. Cara pemakaian nya cukup gampang. Pisahkan telur putih dengan kuningnya, lalu kocok telur dan oleskan ke daerah jerawat.

  1. Baking Soda

Salah satu cara untuk menghilangkan jerawat, tetapi yang ini tidak sepenuhnya alami. Baking soda dipercaya mampu untuk menghilangkan jerawat karena ampuh untuk menutup pori-pori dan membersihkan bakteri yang berserat di kulit. Caranya adalah memakai baking soda secara merata di daerah area sensitif jerawat, lalu diamkan dan bilas hingga bersih. Oiya, untuk orang yang memiliki sensitif dimuka dianjurkan tidak untuk memakai salah satu pilihan ini. Karena jika kulit anda sensitif dan menggunakan ini ditakutkan bisa menimbulkan gejala yang tidak diinginkan.

  1. Kulit Jeruk

Kandungan kulit jeruk seperti Vitamin C, hidrosikda dan asam alpha dapat membantu kita untuk membersihkan pori-pori yang mengandung bakteri dan mengangkat sel-sel kulit mati yang bisa menyumbat pori-pori. Caranya adalah dengan mengeringkan kulit jeruk, lalu di haluskan, jika sudah, tambahkan air secukupnya dan oleskan ke daerah sensitif jerawat, diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air hangat.

  1. Cuka Sari Apel

Salah satu option yang baik untuk menghilangkan jerawat, selain alami 100%, cuka sari apel juga mengandung asam laktat dan asam malat yang sangat berfungsi menghilangkan dan menerangkan kulit setelah jerawat membekas. Tujuan penggunaan ini adalah untuk mengikis sel kulit mati dan menutup pori-pori menjadi lebih kecil. Pengobatan ini sangat efektif jika digunakan sebelum tidur. Cara penggunaanya juga cukup simple hanya tinggal mengoleskan cuka sari apel ke daerah rawan jerawat.

  1. Pepaya

Selain Cuka sari apel, papaya merupakan option selanjutnya yang cukup baik, karena buah-buahan adalah bahan alami untuk menghilakan jerawat. Kenapa papaya dapat menghilangkan jerawat? Karena sel yang terdapat di papaya merupakan enzim papain yang berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati, mencerahakan bagian muka dari noda bekas jerawat dan dipercaya bisa mengurangi peradangan pada kulit wajah! Menarik bukan? Beranilah mencoba.

Cara penggunaannya adalah haluskan papaya seperti memarut keju, jika memiliki sisa madu anda bisa mencampurkannya kedalam adonan papaya, tetapi jika tidak ada, tidak akan menjadi masalah. Jika proses diatas sudah selesai, yang anda tinggal lakukan adalah cukup mengoleskan nya ke daerah jerawat dan diamkan selang beberapa menit.

  1. Tomat

Buah adalah serat terbaik untuk mengurangi jerawat pada kulit anda, selain serat yang alami dan tanpa mengandung kimia sedikit pun. Tomat juga merupakan buah yang paling kaya akan vitamin. Dipercaya pada ilmu kedokteran bisa menghilangkan kemerahan pada kulit dan menetralisir bakteri yang terkandung pada kulit permukaan wajah. Cara penggunaanya adalah dengan memotong tomat menjadi dua bagian dan potong tipis-tipis, tempelkan lah ke daerah jerawat, diamkan selama beberapa menit dan ulangin cara tersebut setiap hari.

  1. Jeruk Nipis

Salah satu alternatif lain untuk mengatasi jerawat, selain banyak vitamin yang terkadung, jeruk nipis sama bagusnya dengan lemon, yang dapat mempercerah kulit muka. Cara Penggunaannya dengan memotong jeruk nipis dan tempelkan ke daerah jerawat.

  1. Kentang

Buah ini berfungsi sebagai memperhalus kulit muka dan menutup pori pori yang sedang melebar Cara penggunaanya yaitu dengan blender kentang dan tempelkan ke daerah jerawat diamkan paling lama selama 20 menit dan bilas dengan air bersih.

  1. Buah Mengkudu

Buah ini lumayan cukup terkenal di kalangan pakar kecantikan, buah ini bekerja dari dalam tubuh yang dimana. Cara Penggunaanya adalah dengan memblender buah mengkudu dan meminum nya. Selain rasa nikmat yang didapat yang dihasilkan buah mengkudu, buah ini juga dapat menutup peradangan dan mencegah dari jerawat batu lho!

  1. Es Batu

Jika anda baru pertama kali mendengar es batu bisa mencegah tumbunya jerawat mungkin anda akan kaget. Tapi jangan kaget dibalik membekunya air ini bermanfaat untuk memelihari kulit dan mencegah dari peradangan yang akan membentuk menjadi jerawat. Selain itu Es batu bisa membersihkan minyak dan kotoran debu yang menyangkut di pori-pori kulit muka. Cara penggunaanya dengan memasukan Es batu kedalam kain bersih, pukul pelan-pelan area yang berjerawat secara beberapa detik dan merata dan pastikan kain pembungkus Es Batu bersih dan steril, jauh dari bakteri. Lakukan cara ini dengan rutin, maka jerawat perlahan-lahan akan menghilangkan.

  1. Scrub Gula

Gula salah satu pengobatan yang alami, karna gula berbentuk seperti butiran maka bisa dijadikan scrub untuk mengatasi dan mencegah jerawat. Gula ini sangat disarankan untuk muka yang sangat sensitif. Gula mengandung glikolat yang mampu menangkat sel kulit mati pada wajah dan serta membersihkan luka bekas jerawat. Cara penggunaannya gabungkan sendok berisi gula secukupnya lalu campurkan dengan air, aduk rata sampai menjadi pasta dan lalu oleskan ke daerah jerawat.

  1. Minyak Pohon Tea

Biasanya minyak pohon tea terdapat pada produk-produk untuk mengatasi jerawat. Sel Terpenoid yang terkandung di minyak pohon tea ini efektif membunuh kuman yang bersarang di wajah. Sangat bagus juga untuk mencegah jerawat pada wajah. Cara penggunaanya yaitu dengan mencampurkan dengan air putih lalu menaburkan ke daerah rawan jerawat.

  1. Air Putih

Hampir seluruh tubuh manusia didominasi oleh air. Air putih pun banyak sekali manfaatnya selain mengatasi jerawat. Salah satu peran air dalam mengatasi jerawat adalah untuk mengregenerasi kulit pada wajah. Serta bila manusia mengalami dehidrasi rentan mendapatkan jerawat.

 

Setelah tau bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan efektif, sekarang kita akan memberikan saran dan tips untuk mencegah datang dan kembalinya jerawat.

Saran dan Tips Mencegah Jerawat

  1. Harus membiasakan diri untuk tidak sering makan makanan yang menganduk lemak berlebihan dan ber daging. Rajinlah makan sayuran, Karena selain tubuh sehat, berat badan juga bisa terjaga lho! Contohnya: Cokelat, Kentang Goreng, Bayam, Susu dan aneka daging.
  2. Jangan teralu banyak pikiran atau stress. Karena jika kondisi di otak tidak stabil rawan untuk menimbulkan jerawat yang mengganggu di wajah
  3. Jika anda sedang mengalami jerawat, jangan dipegang atau dipencet. Ya, memang terasa gatel yang luar biasa di wajah anda, tetapi taukah anda sebelum anda memegang atau memencet jerawat anda tanga anda sudah steril/bersih? Jika tangan anda kotor maka makin membuat kondisi jerawat sendiri memburuk serta menimbulkan bekas jerawat.
  4. Sering melakukan aktifitas olahraga, selain olahraga membugarkan tubuh dan menyeimbangkan hormon, olahraga juga bisa mengurangi stress yang berlebihan
  5. Hindari minum beralkohol, Karena bahaya bagi tubuh dan membuat hormon yang tidak teratur
  6. Untuk ladies, make up yang berlebihan berbahaya juga untuk kulit muka anda, pakailah makeup secukupnya dan yang tersertifikasi BPOM.
  7. Cuci muka setiap hari, para pakar kesehatan menganjurkan untuk cuci muka tiga kali sehari cukup. Jika kurang maka masih terdapat bakteri yang menempel di kulit muka anda yang bisa menyebabkan kerawat.

 

Demikianlah dari artikel ini cara mengantisipasi jerawat, menghilangkan jerawat yang efektif dan komplit. Mengapa saya menyarankan obat herbal, karena lebih terpercaya dalam konteks “lebih sehat” karena alami dan mengantisipasi dari penyakit yang ditimbulkan oleh obat jerawat yang mengandung kimia. Obat jerawat mungkin bisa kelihatan hasilnya langsung tetapi jangan salah obat kimia bisa menimbulkan kecenderungan untuk lagi dan lagi, maka anda harus mengeluarkan duit yang berlebih. Obat penghilang jerawat kimia juga menimbulkan gejolak efek samping yang lebih membahayakan dari jerawat itu sendiri pun. Dari buah alami yang ditulis, walaupun alami, tetap ada resiko untuk wajah kulit yang bermasalah atau sensitif terhadap buah tertentu, disarankan untuk konsultasi ke dokter apakah mempunyai alergi. Penggunaan bahan alami untuk menghilangkan jerawat harus dilakukan dengan tekun dan penuh kesabaran untuk mencapai hasil yang maksimal. Karena itu pula harus bisa melakukan dengan rutin, disiplin dan tergantung pada diri sendiri niat atau tidak untuk menghilangkan jerawat yang menggangu pada kulit wajah anda.